Strategi Tembak Keyword untuk SEO Blog


Keyword atau kata kunci sangatlah penting dalam dunia kompetisi untuk memperoleh traffict pengunjung website atau blog yang tinggi. Semakin populer keyword berarti semakin banyak orang yang menggunakan keyword itu dalam mencari informasi menggunakan search engine seperti google, yahoo, dll. Namun, semakin tinggi popularitas suatu keyword maka semakin ketat pula kompetisi atau yang sering disebut dengan istilah perang traffict di internet. Tujuannya tentu memperebutkan pengunjung yang menggunakan search engine dengan keyword populer. Semakin baik Search Engine Optimazion (SEO) suatu website maka semakin baik kualitas website itu di mata mesin pencari dan semakin tinggi pula peringkatnya di urutan search result untuk hasil pencarian biasa.

Tembak Keyword adalah salah satu trik untuk Search Engine Optimazion untuk memperoleh peringkat tertinggi dari hasil pencarian dengan menggunakan target keyword.

Cotoh keyword populer: Lowongan Kerja.
Berarti banyak pengguna internet Indonesia yang mencari lowongan kerja menggunakan search engine dengan Keyword “lowongan kerja”.
Oleh karena itu banyak situs tentang info lowongan kerja bermunculan di internet. Mereka akan selalu mengoptimalisasi situs mereka dengan berbagai cara termasuk tembak keyword seputar “lowongan kerja”. Apapun optimalisasi yang dilakukan pada situs mereka tak akan jauh dari target keyword yang mereka inginkan. Termasuk juga langsung menggunakan keyword target sebagai alamat situs. Misal: lowongankerja.com dll.

Namun, strategi tembak keyword ini akan sulit berhasil jika digunakan untuk suatu keyword populer dengan search result yang sudah terlampau banyak di internet. Misal keyword “lowongan kerja” atau “kuliah” yang akan menghasilkan jutaan search result hingga jutaan. Ini berarti sudah terlampau banyak situs yang menyediakan informasi tentang lowongan kerja. Ini sudah jelas akan mengakibatkan sulitnya situs baru untuk memperoleh peringkat tinggi dengan keyword “lowongan kerja” untuk hasil pencarian biasa, kecuali kalau kita ini memang sangat ahli SEO.
Solusinya, jika kita masih kukuh pendirian ingin membuat situs di bidang ini, kita harus membuat spesifikasi keyword atau mencari keyword lain yang masih seputar lowongan kerja dan banyak digunakan pencari informasi di internet tapi search result-nya masih sedikit.

Kesimpulan: Keyword yang memiliki prospek bagus adalah KEYWORD POPULER di kalangan pencari informasi tapi belum populer di kalangan penyedia informasi tersebut.
Artinya banyak orang yang mencari menggunakan kata kunci tersebut namun hasil pencarian di internet belum begitu banyak.
Untuk hitungan banyak atau sedikitnya hasil search result itu relatif. Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui keyword populer yang banyak digunakan di google, kita bisa menggunakan bantuan adword.google.com

WWW.KULIAHPRAKTIS.COM juga menggunakan srategi tembak keyword. Bisa dilihat dari alamat blog ini KuliahPraktis.com yang mengandung keyword gabungan Kuliah+Praktis. “Kuliah+Praktis” adalah keyword utama untuk mencari blog ini. Kenapa blog e-learning ini  menggunakan nama KuliahPraktis.com?
Sebenarnya nama kuliahpraktis.com adalah alternatis dari ketidak-tersediaan beberapa kandidat nama domain yang direncanakan serta sebagai solusi untuk mendapatkan keyword yang mengandung keyword utama dengan hasil pencarian di google.co.id (search engine terpopuler) belum begitu banyak.
Hal ini terbukti berhasil karena tak perlu menunggu lama untuk mendapati www.kuliahpraktis.com pada urutan teratas hasil pencarian GOOGLE.CO.ID dengan keyword “KULIAH PRAKTIS”.
Di samping menggunakan keyword target sebagai alamat URL domain blog, optimasi juga selalu dilakukan di header, konten, layout, dll dalam blog KuliahPraktis.com sepengetahuan saya mengenai SEO (maklum masih newbie).

SEO yang banyak dilakukan di KuliahPraktis.com sih biasanya lebih pada setiap postingan-postingan yang ada. Mengingat KuliahPraktis.com adalah sebuah blog penyedia informasi seputar dunia pendidikan, pembelajaran, ilmu, sekolah, kampus,dengan target pengunjung siswa SD, SMP, SMu/SMA/SMK(STM, SMEA, SMKK, TKJ), mahasiswa dan orang-orang yang terkait dengan dunia pendidikan  tentu kata-kata yang banyak digunakan adalah seputar itu.

Untuk memperoleh referensi keyword populer lebih banyak dan tidak melenceng terlalu jauh maka dalam penerapan penggunaan keyword untuk SEO KuliahPraktis.com tetap menggunakan google adword tools.

Kita bisa mengetahui popularitas suatu keyword dan semua alternatif keyword populer yang relevan dengan target keyword kita dengan menggunakan tool milik google ini.

Misalnya kita masukkan kata kuliah, maka akan muncul daftar kata lain berikut ini:

kuliah online
jurusan kuliah
materi kuliah
biaya kuliah
beasiswa kuliah    
jam kuliah    
kuliah gratis    
audio kuliah    
kuliah download    
mp3 kuliah    
kuliah pti
tugas kuliah
kuliah teknik
bahan kuliah
kuliah itb    
mata kuliah fakultas    
silabus mata kuliah    
mata kuliah jurusan    
kuliah sistem    
jadwal kuliah    
kuliah manajemen    
kuliah psikologi
uang kuliah    
kuliah hukum    
kuliah fakultas    
kuliah kerja nyata    
kuliah kedokteran    
program kuliah    
kuliah jarak jauh
kuliah d3    
kuliah s1    
kuliah s2    
tempat kuliah
kuliah kelas    
teman kuliah    
pengalaman kuliah    
kuliah karyawan    
kuliah murah    
anak kuliah    
kuliah di malaysia    
kuliah termurah
kuliah sabtu    
kuliah malam    
kuliah kerja    
kuliah sabtu minggu

Misalnya kita masukkan kata ujian nasional, maka akan keluar daftar kata berikut:

arsip nasional
soal ujian
pendidikan nasional
soal uan smp
kisi kisi uan
kisi kisi
ujian nasional
soal ujian nasional  
kisi kisi ujian nasional
ujian nasional 2008
ujian nasional 2008 2009  
hasil ujian nasional  
ujian nasional smp  
soal ujian nasional 2009  
soal soal ujian nasional  
ujian nasional sd  
kisi kisi soal ujian nasional 2009  
kisi ujian nasional  
kelulusan ujian nasional  
jawaban ujian nasional  
ujian nasional smk  
ujian nasional sma  
jadwal ujian nasional  
ujian nasional matematika  
pengumuman ujian nasional  
soal ujian nasional sd  
ujian nasional sma 2009  
prediksi soal ujian nasional  
soal ujian nasional sma    1 – 3  
soal ujian nasional smp    1 – 3  
ujian nasional smp 2008  
ujian nasional smp 2009    
hasil ujian nasional smp
hasil ujian nasional sma  
hasil ujian nasional 2009  
ujian nasional 2009 smk
kisi kisi ujian nasional smp 2009  
kisi kisi soal ujian nasional smp 2009  
ujian akhir nasional

Selain itu, penentuan keyword target juga bisa ditentukan sendiri tanpa harus dari rekomendasi google adword dan sejenisnya. Beberapa situs populer menciptakan keyword populer mereka sendiri. Tidak harus kata-kata yang familiar namun asal bisa menanamkan suatu kata yang akan selalu diingat pengunjung untuk kembali menemukan situs tersebut, maka sebenarnya saat itulah sebuah brandmark terbentuk.

Leave a Reply