Tag Archives: Virus

Cara Menghilangkan Virus dan Mengembalikan Data di FlashDisk

Tips Cara menghilangkan virus dan mengembalikan data di flashdisk-Virus komputer, memang terkadang bisa bikin repot. Apalagi kalau virus tersebut menyerang tempat penyimpanan data-data penting kita. Walaupun ada banyak cara pencegahan/mengamankan komputer dari virus berbahaya, namun terkadang tetap saja virus bisa masuk.

Pada artikel kali ini, yang akan dibahas adalah cara menghilangkan virus dan mengembalikan data di flashdisk.
Makin meningkatnya penggunaan flashdisk, membuat pembuat virus mengalihkan sasarannya ke media penyimpanan yang simple tersebut, bukan hanya menanamkan virus tetapi juga efek yang dihasilkan beraneka ragam, salah satunya isi yang ada di flashdisk, seperti file atau folder disembunyikan (Hidden). Gimana cara menanggulangi kasus tersebut? , coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tips Cara Menghilangkan virus di Flashdisk

Langkah Pertama
1. Pastikan antivirus terupdate
2. Masukkan flash disk ke PC atau Laptop
3. Jangan membuka kotak dialog yang muncul ketika flash disk dimasukkan ke komputer atau laptop.

Langkah kedua
1. Buka windows Explorer atau My Computer
2. Klik kanan mouse di posisi drive flash disk, biasanya F:
3. Kemudian pilih scan virus sesuai anti virus yang digunakan (“ingat”, biasakan antivirus terupdate)

Tips Mengembalikan data di Flashdisk

Setelah virus benar-benar hilang dari flash disk, sekarang saatnya mengembalikan data yang disembunyikan (Hidden). Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt, bisa dengan cara klik Start – Run- ketik cmd atau command (untuk Windows 98/ME).

2. Setelah terbuka jendela command prompt, kemudian ketik attrib -h -r -s -a /s /d f: (dengan catatan berada di drive C, sebagai contoh; C:\Documents and Settings\Papa> attrib -h -r -s -a /s /d f: )

3. Lalu setelah perintah tersebut diketikkan, kemudian enter.

4. Apabila langkah no.2 tidak berhasil, anda pindahkan posisinya dari drive C ke drive flash disk (biasanya F), untuk memindahkan posisi drive, ikuti langkah berikut, apabila posisi flash disk di komputer atau laptop ada di drive F, maka (sebagai contoh); C:\Documents and Settings\Papa> F: kemudian enter maka akan pindah ke drive F:\>

5. Setelah berada di posisi drive flash disk kemudian ketik perintah yang sama dengan langkah no.2, namun untuk f: yang berada di belakang dihilangkan, sebagai contoh : F:\> attrib -h -r -s -a /s /d , kemudian enter.

6. Sesudah proses tersebut, sekarang coba cek folder atau file yang ada di flashdisk.

Semoga artikel tips cara menghillangkan virus dan mengembalikan data di flashdisk di atas bisa membantu Anda yang mengalami masalah dengan virus komputer yang bersarang di flashdisk.

Tips Mengamankan Komputer dari Virus dan Worm yang Berbahaya

Tips Mengamankan Komputer dari Virus dan Worm yang Berbahaya berikut ini mungkin akan bermanfaat untuk Anda. Silahkan ikuti trik-trik di bawah ini untuk mengamankan komputer Anda dari virus dan worm yang berbahaya.

1. Selalu lakukan scan terhadap usb yang masuk ke dalam komputer panda.
Meski nampaknya sepele, tapi hal kecil ini akan membantu mengamankan komputer anda dari virus yang ditularkan melalui perilaku tukar menukar usb.
2. Scan juga cd yang masuk kedalam cd drive anda.
Meski tampaknya lebih eksklusif dan aman, tetapi cd ternyata juga memiliki potensi yang sama seperti usb, dalam menularkan virus. Karena itu, jangan lengah! Tetap lakukan scan terhadap sebuah cd yang akan dipasang pada komputer anda, sekalipun cd itu baru saja dibeli dari toko agar komputer Anda tetap aman dari virus.
3. Lakukan scan terhadap harddisk anda, tiap kali anda akan mulai bekerja dengannya.
Sebagaimana balita yang selalu diperiksa kesehatannya, komputer anda juga harus selalu dipantau apakah masih sehat atau telah terinfeksi oleh virus.
Tips mengamankan komputer dari virus dan worm berbahaya selanjutnya,
4. Proteksi usb anda, jika anda memasukkannya ke dalam komputer orang lain.
Seperti telah disebutkan diatas, jika anda terpaksa harus memasukkan usb milik anda ke dalam komputer orang lain, maka usb anda perlu diproteksi terlebih dahulu. Konsekuensinya, anda tidak dapat melakukan perubahan terhadap file yang tersimpan dalam usb tersebut.
5. Jangan sembarangan men-download attachment.
Dewasa ini banyak jenis worm yang mengirimkan copy dirinya dalam bentuk attachment e-mail. Misalnya worm miss world. Karena itu anda jangan sembarang membuka attachment jika alamat pengirim tidak anda kenal.
6. Selektif dalam membuka e-mail.
Begitu juga hukum yang berlaku dalam membuka e-mail. Sejumlah virus dan worm menduplikasi dirinya dan mengirimkan copy tersebut pada seluruh alamat e-mail yang tertera pada address book microsoft outlook express komputer yang diserangnya. Dengan demikian, si calon korban tidak akan menaruh kecurigaan dan dengan segera akan membuka e-mail beracun tersebut.
7. Memasang dan selalu meng-update program antivirus pada komputer anda.
Terkadang, orang yang masih awam dibidang komputer, merasa sudah aman jika sudah memasang program norton atau macaffee. Anda salah! Program antivirus itu memiliki masa kadaluarsa juga seperti makanan kaleng. Karena itu, anda harus selalu meng-update program antivirus untuk mengamankan komputer dari virus.
8. Selalu mengikuti perkembangan berita terbaru tentang virus.
Selain memiliki masa kadaluarsa, program antivirus ini juga selalu mengalami update sehubungan dengan virus-virus baru yang terus di-release. Para ahli terus menerus melakukan pengembangan untuk menandingi pencipta virus yang juga berlomba-lomba menciptakan virus yang lebih ganas dari hari ke hari.
9. Men-download microsoft outlook security patch ke dalam sistem komputer anda.
Sebagaimana diketahui, tidak ada program software yang sempurna. Maksudnya, pasti ada bug atau titik lemah di dalam software itu. Demikian juga halnya yang terjadi dengan aplikasi microsoft outlook express. Karena itu, dengan men-download microsoft outlook security patch ke dalam sistem komputer anda, berarti anda telah menanggulangi bug yang ada pada program ini.
10. Menonaktifkan windows scripting host.
Sebagaimana diketahui, banyak virus dan worm baru yang dikembangkan dengan visual basic scripting di bawah sistem windows. Untuk memperkecil serangan, anda sebaiknya menonaktifkan program yang berfungsi untuk mengotomatisasi suatu fungsi. Namun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua virus berbahasa vbs dapat ditahan dengan menonaktifkan program ini.

Ok, semoga tips mengamankan komputer dari virus dan worm di atas bisa berguna untuk anda.
Sumber : komputertrik.ide.am